Cara Pasang Custom Kernel Di Android

Kernel merupakan software yang berfungsi untuk melayani berbagai macam aplikasi agar dapat mengakses perangkat keras secara aman. Dengan kata lain, kernel merupakan perantara antara hardware dengan software.
Setiap ponsel sudah terpasang kernel standar bawaan pabrik. Tapi jika hp sobat sudah terpasang twrp dan root, sobat bisa mengganti kernel bawaan dengan custom kernel. Ada banyak kelebihan custom kernel, salah satunya kita bisa mengoverclock cores CPU.

Bagaimana cara pasangnya??
Syarat:
1. Hp sudah UBL dan terpasang TWRP
2. Hp sudah di ROOT(untuk mengakses kernel adiutor)

Sebelumnya disarankan untuk backup kernel bawaan dengan TWRP, caranya tekan backup lalu pilih boot, untuk jaga-jaga jika terjadi bootloop. Nah jika sudah backup, kita lanjut ke pemasangannya

1. Pertama, download custom kernel yang sesuai dengan tipe HP dan ROM kalian, bisa cari disini
2. Masuk ke mode TWRP. Caranya, hp dalam keadaan mati tekan tombol power+volume up+volume down sampai masuk TWRP
3. Tekan install, lalu pilih custom kernel yang akan kalian pasang, dan swipe ke kanan untuk menginstall
4. Jika sudah, tinggal reboot system

5. Untuk mengatur dan menggunakan fitur custom kernel yang telah dipasang, kalian bisa download dan install SmartPack Kernel Manager

Bagaimana jika bootloop?
Jika setelah menginstall kernel malah bootloop, bisa jadi kernel yang dipasang tidak sesuai dengan tipe hp dan rom kalian. Seperti yang saya sarankan di atas, sobat tinggal restore kernel bawaan yang sudah dibackup.
Custom kernel ada macam-macam jenisnya, berdasarkan rom, versi android, dll. Maka sobat harus teliti dalam mencari kernel yang sesuai.

CATATAN: jika terjadi masalah pada hp kalian(bootloop, softbrick, hardbrick, atau meledak) setelah melakukan cara di atas, saya tidak bertanggung jawab apapun. Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Ganti Font Di Android Via Magisk

Cara Mengganti Splash Screen Android